Soroti Permasalahan Tata Kelola Sumber Daya Alam, Fisip UIN Raden Fatah Hadirkan Akademisi Fisipol UGM

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Raden Fatah Palembang gelar kuliah tamu, Senin(09/27/2021). Kuliah tamu ini mengusung tema “Dilema Tata Kelola Sumber Daya Alam”, diadakan secara langsung di ruang Auditorium FISIP UIN Raden Fatah dan live streaming di youtube FISIP. Dosen Tamu dalam kegiatan ini adalah Nanang Indra Kurniawan,Ph.D yang merupakan Staff pengajar di Departemen Politik dan Pemerintahan sekaligus Kepala Polgov DPP FISIPOL UGM.

Kegiatan kuliah tamu tersebut diselenggarakan  dengan tujuan menyampaikan kepada mahasiswa wawasan sterkait dengan politik lingkungan dan sumber daya alam. Acara dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Prof.Dr., Izomiddin, M.A, Dalam sambutannya Prof .Izom menyampaikan bahwa Islam memberikan perhatian serius terkait pengelolaan SDA, hal ini sesuai dengan konsep manusia dalam Qur’an yaitu Khalifah di muka bumi. Lebih lanjut disampaikan bahwa ketika bicara tentang alam tidak ada konteks antara Islam dengan tidak Islam, ini adalah tanggung jawab manusia kepada Allah. Allah jadikan kamu sebagai pemimpin oleh karena Allah menaikan derajat, Allah  akan menguji, kita juga sebagai pemimpin.

Nanang Indra Kurniawan, M.P.A., Ph.D. menyampaikan materinya dalam kegiatan kuliah tamu, beliau menuturkan bahwasannya UUD 1945 memiliki tujuan untuk memajukan kesejahteraan rakyat lewat pemanfaatan kekayaan alam dikuasai negara dan dipergunakan untuk memajukan masyarakat, ia juga menyelipkan pertanyaan bagi para audiens, mengapa ilmu politik juga mempelajari tata kelola sumber daya, menurutnya dalam politik mempelajari tata kelola karena didalamnya terdapat kebijakan yang mengatur juga dalam politik terdapat power atau kekuasaan yang memengaruhi kebijakan dalam mengelolah sumber daya yang ada. “Untuk belajar mengenai Ilmu Politik maka belajarlah terlebih dahulu mengenal alam Politik” tutur Nanang Indra Kurniawan, M.P.A., Ph.D. selaku pemateri dalam kegiatan kliah tamu tersebut.

Selain motivasi, wawasan dan pengetahuan yang didapatkan setelah kuliah tamu tersebut, diharapkan kepada mahasiswa dapat merealisasikan motivasi, wawasan dan pengetahuan di kehidupan sehari hari.

Salah satu mahasiswi ilmu politik, Nyimas Mutiara menuturkan “saya selaku mahasiswi ilmu politik sangat senang karena bisa mendapatkan pengetahuan yang banyak dan wawasan selepas kegiatan hari ini, juga merupakan suatu kebanggaan karena bisa mendengarkan secara langsung ilmu dari dosen universitas gadjah mada, dan berterima kasih juga kepada penyelenggara kegaitan karena sudah menghadirkan kegiatan dengan baik.” Tuturnya ia juga menambahkan harapan kedepannya mahasiswa fisip terkhususnya ilmu politik dapat lebih kritis dalam kegiatan diskusi juga mampu lebih aktif dalam menyampaikan pertanyaan dan argument nya terhadap suatu isu yang tengah dibahas.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.