Mahasiswa Prodi Ilmu Politik FISIP UIN Raden Fatah Palembang Selenggarakan Pemetaan Sosial Desa

Mahasiswa Prodi Ilmu Politik Universitas Islam Negri UIN Raden Fatah Palembang melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui Program Pemetaan Sosial Desa yang diselengarakan di 19 desa di delapan kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan. Program yang berlangsung selama tiga bulan dari Oktober sampai Desember 2022 tersebut merupakan bagian dari awal pelaksanaan Kampus Merdeka yang bertujuan memberikan pengalaman yang lebih luas bagi mahasiswa melalui pembelajaran di luar kelas. Pemetaan desa juga tersebut menjadi langkah awal dari program jangka panjang Bakti FISIP Untuk Negeri sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Salah seorang peserta pemetaan, Deni Agustian, berpendapat “Diadakannya pemetaan desa,   kita dituntut untuk bersosialisasi dengan masyarakat sekitar serta berbaur dengan lingkungan baru, sesuai dengan prodi kita Ilmu Politik yang mana kita harus berani terjun ke lapangan guna untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam mempelajari karakter masyarakat.” Dalam kegiatan tersebut para mahasiswa didorong untuk dapat meneliti kondisi sosial desa dari mulai latar belakang sejarah, pemerintahan desa, lembaga tradisonal, adat istiadat, agama, kesenian, ekonomi, politik dan lain sebagainya. Dari cerita pengalaman mahasiswa yang tengah melakukan pemetaan tersebut, mereka menemukan banyak kisah keunikan dan keragaman desa yang dikunjungi.

Ryllian Chandra, salah satu dosen pembimbing pada kegiatan tersebut, mengatakan “Pada dasarnya kegiatan ini untuk mulai melatih mahasiswa meneliti. Dimulai dari mereka bekerja sama mencari informasi, berinteraksi, dan menganalisa masyarakat desa.” Dari kegiatan tersebut nantinya mahasiswa akan menuliskan laporan pemetaan yang tidak hanya diserahkan ke kampus tetapi juga kepada pihak desa.

Penulis : Devinda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *