Mahasiswa Prodi Ilmu Politik Fisip UIN Raden Fatah jadi Anggota Dewan Sehari.

Palembang. Sebanyak 50 mahasiswa Program Studi Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Imu Politik melaksanakan praktikum simulasi perumusan dan efek kebijakan publik di Gedung DPRD Kota Palembang.(24/10/2021).

Acara pembukaan dihadiri langsung oleh ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin, SH, Anggota DPRD Kota Palembang Adzanu Getar Nusantara, SH,MH.,Febby Anggi Pratama, SH, M.Kn, Dekan Fisip UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr. H. Izomiddin serta Wakil Dekan I Fisip Dr. Yenrizal,M.Si.

Dalam acara pembukaan, Prof. Izom menyampaikan urgensi kegiatan praktikum untuk memberikan wawasan dan pengetahuan praksis bagi mahasiswa Ilpol sehingga sebagai calon ilmuan politik mahasiswa tidak asing lagi dengan proses proses yang dilaksanakan di DPRD. “kami mengucapkan terima kasih kepada pihak DPRD Kota Palembang yang telah memberikan kesempatan dan menerima mahasiswa Fisip untuk belajar langsung di DPRD”.

Di sisi lain ketua DPRD Kota Palembang menyampaikan bahwa pihak DPRD Kota Palembang mendukung penuh kegiatan praktikum yang dilakukan oleh Mahasiswa Fisip UIN Raden Palembang. “Kegiatan ini sangat positif untuk membentuk generasi yang kontributif bagi pembangunan di Kota Palembang”. Ujar Zainal.

Adzanu Getar Nusantara,S.H.,MH, selaku anggota DPRD Kota Palembang dan juga ketua Fraksi Gerindra memberikan materi dan langsung memberikan arahan kepada mahasiswa terkait prosedur,mekanisme dan proses pembahasan rancangan peraturan daerah.

Dalam penyampaiannya Adzanu mengatakan bahwa mahasiswa harus mengetahui iklim dan mekanisme perumusan Raperda di tingkatan legislatif. Dengan datang langsung dan praktik di DPRD akan memberikan gambaran jelas kepada mahasiswa dan merasakan iklim terkait pembahasan Raperda di DPRD.

Narasumber lainnya, Febby sebagai ketua Bapemperda DPRD Kota Palembang menjelaskan fungsi dan tugas Bapemperda serta proses proses pengajuan Raperda. Selain mendapatkan arahan dari narasumber mahasiswa praktikum juga langsung mensimulasikan kegiatan rapat dan Sidang pansus mewakili masing masing Fraksi yang ada di DPRD Kota Palembang.
Di akhir praktikum, Ketua DPRD Kota Palembang memberikan penjelasan detail dan simulasi terkait proses Rapat Pimpinan.

Kegiatan praktikum di DPRD ini merupakan kali pertama untuk pihak DPRD Kota Palembang maupun dari pihak perguruan tinggi, Fisip menjadi Fakultas perdana yang praktikum simulasi di DPRD Kota Palembang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *