FISIP UIN Raden Fatah Palembang Kerjasama Dengan KUIZM Malaysia Adakan International Webinar

FISIP UIN Raden Fatah Palembang dan KUIZM Malaysia Adakan International Webinar  mengenai Encouraging Ethical Political Communication Based On The Noble Values Of The Malays, dengan pembicara yakni Dr. Mohd. Zuhdi bin Marzuki, Ustadzah Nadiah Binti Abd Rahman, Riliyan Chandra, M.A, Reza Aprianty, M.A. Senin, (28/03/2022) secara daring. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor UIN Raden Fatah Palembang juga Dekan FISIP.

Prof Nyayu Khodijah mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat mempererat tali silahturahmi antar dua lembaga, dan kegiatan webinar dapat diikuti dengan baik terkhususnya mahasiswa Fakultas Ilmu Social Dan Politik juga Fakultas Dakwah, webinar ini sangat menarik, diharapkan pula di era pandemi tidak terjadi miss komunikasi politik dari pemerintah kepada publik oleh karena penggunaan media sangat diperlukan, Rektor UIN juga mengharapkan kegiatan ini dapat menjembatani antara Indonesia dan Malaysia yang memiliki kultur yang sama,

Dr. Mohd. Zuhdi bin Marzuki, Ahli Lembaga Pengarah KUIZM Malaysia mengatakan kegiatan webinar ini berkaitan dengan suburnya demokrasi yang ada juga menyuburkan kembali semangat dalam membina hubungan antara Indonesia dan Malaysia.

“Komunikasi dapat menghasilkan politik yang dapat menengahkan antar dua Negara di rumpun politik Asia Tenggara, politik yang jelas dan menegakan amar ma’ruf nahi munkar yang mengajak kepada kebenaran. Bahasa dan komunikasi yang dapat memperjelas isu yang terjadi diantara umat islam yang dapat mengutamakan kepentingan umat islam yang tentunya secara damai dan berdiplomasi.” ujarnya

Prof Izzomidin berharap webinar ini dapat mengangkat perbedaan dan mempelajari prinsip-prinsip perpolitikan berbasis islam, dan melihat perpolitikan dikawasan melayu serta menyoroti politik islam diseluruh dunia.

Dalam penyampaian materi Narasumber juga menyinggung tentang hadirnya islam melalui proses asimilasi, tanpa pertumpahan darah namun melalui hati ke hati, Malaysia dan Indonesia mempunyai akar umbi yang kuat berupa moral-moral yang baik dalam beretika komunikasi dan politik.

Kegiatan webinar ini mendapat respon positif dari pendengar yang terlihat antusias dalam memberikan pertanyaan kepada narasumber, beberapa mahasiswa berharap kegiatan webinar seperti ini dapat diadakan kembali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *