•  
  • Pusat Informasi FISIP UIN Raden Fatah Palembang
Selasa, 30 Juni 2020 - 00:06:50 WIB
Bekerjasama dengan FIKOM UNPAD, FISIP UIN Raden Fatah Palembang Sukses Gelar Webinar Series
Diposting oleh : Fisip
Kategori: FISIP News - Dibaca: 253 kali

Palembang. Lantunan lagu khas palembang berjudul ‘Ya Saman’ dan “Di Rumah Bae”, mengawali pembukaan acara webinar series yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Raden Fatah Palembang yang bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi(FIKOM) UNPAD Bandung dengan tema "Riset Pascapandemi : Konstruksi Penelitian Komunikasi Budaya dan Lingkungan Berbasis Keselamatan". Sesuai jadwal,  acara dilaksanakan pada hari Senin 29 Juni 2020, tepat pada pukul 19.00 WIB  dipandu oleh Host Siti Anisyah, M.Si, Dosen Muda FISIP UIN Raden Fatah. Acara dibuka langsung oleh Dekan FISIP UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr. H. Izomiddin, sekaligus juga memberikan kata sambutan. Prof. Izom menyampaikan “bahwa di tengah pandemi ini, akademisi harus tetap hidup, untuk itulah diskusi tentang penelitian pasca pandemi yang dilakukan malam hari ini menjadi penting dan relevan, harapannya dengan diskusi ini para akademisi terus menyumbang gagasan melalui penelitian-penelitian sosial yang pada nantinya bisa memberikan kontribusi bagi bangsa Indonesia. Selain itu juga, wabah Pandemi jangan sampai menghalangi produktiitas akademisi” tambahnya. Dalam kesempatan ini juga Dekan FIKOM UNPAD Dr. Dadang Rahmat Hidayat menyampaikan kata sambutan, Dr. Dadang sangat mengapresiasi kerjasama antara FISIP UIN Raden Fatah dan FIKOM UNPAD, sehingga sukses menyelenggarakan  webinar. Diskusi dalam webinar ini sangat penting untuk mengembangkan penelitian di bidang ilmu Komunikasi dan ilmu ilmu sosial yang berkaitan ujarnya.

Setelah acara pembukaan, diskusi langsung dipandu oleh pemantik Diskusi yaitu Dr. Atwar Bajari, M.Si. Penganut Frankelian ini mengawali diskusi dengan memaparkan tulisan yang berjudul “Sosial Research In Pandemics Time”. Setelah dihangatkan oleh pemantik, diskusi dilanjutkan dengan pemaparan para narasumber, Prof Johan Iskandar, Ph.D., ahli Entobilogi UNPAD memaparkan tema tentang bagaimana tekhnik dan metode riset tentang lingkungan di masa pandemi.  Narasumber kedua, Dr. Yenrizal yang merupakan Pakar Komunikasi Lingkungan UIN Raden Fatah Palembang dalam paparannya menjelasakan bahwa riset kualitatif di masa pandemi harus berubah dan menyesuaikan diri, beberapa langkah yang harus dilakukan adalah dengan mempertajam sensitifitas peneliti, Fokus pada subjek yang sudah diketahui sebelumnya , Memperkuat dan memperlus kajian literatur (Tinjauan Pustaka) dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat apabila melakukan observasi lapangan. Sedangkan narasumber ketiga yaitu Prof. Dr Ahmad Sihabudin membagikan pengalaman tentang riset yang fokus pada masyarakat adat, Guru Besar Komunikasi Lintas Budaya UNTIRTA Banten ini memberikan gambaran bagaimana melakukan penelitan dengan berinteraksi langsung dengan masyarakat adat khususnya masyarakat Baduy. Pembicara terakhir yaitu Dr. Herlina Agustin, M.Si, penggiat ligkungan dan media UNPAD ini memaparkan beberapa tema terkait penelitian di masa pandemi, kajian tentang pemanasan global, sumber daya dan energi dan kerusakan lingkungan dalam bingkai komunikasi.  

 

Diskusi semakin hangat dengan antusiasme para peserta yang ikut berdiSkusi di sesi tanya jawab. Peserta webinar mencapai 250 Partisipan dan acara berakhir pada pukul 22.00 WIB. Setelah diskusi berakhir peserta mendapatkan soft copy materi dari narasumber dan e sertifikat. Panitia Acara Widodo ST, menyatakan puas dan senang karena acara berjalan lancar, kondusif dan menyenangkan. Widodo mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat menyukseskan acara webinar ini. (admin)



Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)