•  
  • Pusat Informasi FISIP UIN Raden Fatah Palembang
Selasa, 28 November 2017 - 15:01:57 WIB
Launching Institute for Social Studies dan Diskusi Buku
Diposting oleh : Diina Fauziah
Kategori: Berita headline - Dibaca: 492 kali

          Sabtu, 25/11 telah dilaksanakan Launching Institute for Social Studies (ISS) dan Diskusi Buku Komunikasi Lingkungan. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor I Dr. Ismail Sukardi, M.A, Dekan FISIP UIN Raden Fatah Palembang Prof.Dr.H.Izomiddin, M.A, Staf Khusus Gubernur Sumsel Bidang Perubahan Iklim Dr. Najib Asmani, General Manager Mongabay.com Dr. Rizki R. Sigit, Para Wakil Dekan FISIP, Wakil Dekan I Fakultas Adab dan Humaniora, Wakil Dekan I Saintek, Para Dosen dan Staf/Karyawan FISIP UIN Raden Fatah Palembang, dan juga dihadiri dari beberapa media massa dan media cetak, para mahasiswa FISIP UIN Raden Fatah Palembang.

          Baru-baru ini Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mengenalkan Institute for Social Studies (ISS) didirikan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UIN Raden Fatah Palembang pada 20 September 2016. ISS ini diketuai langsung oleh salah satu Dosen Tetap FISIP Ahmad Muhaimin, M.Si. Metodologi Survei yang dilakukan oleh ISS mengikuti kaedah-kaedah seperti  Metode penarikan sampel  Stratified random sampling dengan Jumlah responden minimal 400  margin of error ± 4-5% pada tingkat kepercayaan 95%, kemudian metode Pengumpulan data yakni melalui wawancara serta tatap muka dengan responden menggunakan kuesioner Kendali mutu survei. Dalam hal ini pewancara berstatus minimal mahasiswa dan mendapatkan pelatihan. Wawancara dilakukan kontrol secara sistematis dengan melakukan cek ulang di lapangan (spot chek) sebanyak 20% dari seluruh responden.

Temuan penelitian ISS ini berdasarkan hasil yang didapat selama 2 hari yakni dari tanggal 23-24 November 2017 sangat disayangkan Pilkada Serentak sudah diambang mata, namun Mahasiswa UIN RF Palembang masih banyak yang tidak mengetahui perhelatan demokrasi serentak 2018 tersebut, ini juga bisa jadi gambaran di Universitas lain. Harus menjadi PR bersama terutama penyelenggara Pemilu. Meski survei ini dilakukan terhadap mahasiswa UIN RF Palembang, namun paling tidak juga bisa menjadi gambaran di universitas lainnya di Palembang dan kabupaten kota di Sumatera Selatan

Selanjutnya dalam diskusi buku komunikasi lingkungan “Lestarikan Bumi dengan Komunikasi Lingkungan” Wakil dekan I FISIP yang mana dalam hal ini juga selaku pengamat Komunikasi Yenrizal menjelaskan, melakukan komunikasi lingkungan menjadi salah satu upaya dalam melestarikan lingkungan. Sebab, dari alam ada pertanda atau komunikasi yang diberikan secara alami kepada manusia. Pada kesempatan yang sama dilakukan juga penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) FISIP dengan Mongabay.com sebagai bentuk kerjasama dalam bidang komunikasi lingkungan.

Menurut Najib Asmani melihat hasil penelitian tersebut beliau mengungkapkan bahwa pandangan para akademisi dalam hasil penelitian yang dilakukan di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang dapat menjadi bisa menjadi sumbangsi dalam rangka peningkatan perbaikan lingkungan di Sumsel.

Harapan dengan diselenggarakan Launching Insitute for Social Studies (ISS) dan Diskusi Buku tersebut adalah Kita dapat mendorong minat masyarakat dalam upaya terjun langsung untuk memilih Kepala Daerah atau pemimpin, karena berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan masih terdapat 45 persen responden yang tidak mengetahui akan adanya Pemilu Serentak mendatang. Dengan diadakan launching ini juga agar dapat dikenal di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang namun juga di luar lingkungan UIN Raden Fatah Palembang.

 



Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)