•  
  • Pusat Informasi FISIP UIN Raden Fatah Palembang
Rabu, 10 Mei 2017 - 09:05:22 WIB
DEMA FISIP PERINGATI ISRA’ MI’RAJ DAN SAMBUT RAMADHAN 1438 H
Diposting oleh : Iftitah Utami
Kategori: Berita headline - Dibaca: 173 kali

 

Selasa, 9/4 telah dilaksanakan Peringatan Hari Isra Mi raj yang diselenggarakan oleh DEMA FISIP UIN Raden Fatah Palembang. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Dekan FISIP UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr. H.Amin Suyitno, M.Ag, Wakil Dekan III Dr. Kun Budianto, M.Si. Kaprodi Ilmu Politik Andi Candra Jaya, M.Hum, Kaprodi Ilmu Komunikasi Reza Aprianti, Dosen lingkungan FISIP UIN Raden Fatah Palembang, serta Staf FISIP UIN Raden Fatah, dan yang teristimewa sang Penceramah Ust. H.Husni Tamrin, S.Ag

            Melalui Peringatan Hari Isra Mi raj ini mengingatkan kembali kepada kita semua umat islam tentang sejarah yang berkenaan dengan Ibadah. Isra Mi’raj adalah dua bagian dari perjalanan yang dilakukan oleh Muhammad dalam waktu satu malam saja. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa ini Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam.

            Acara ini dimulai dengan Pembukaan, Selanjutnya Pembacaan Ayat Suci al-Quran, Kata Sambutan Dekan sekaligus membuka acara Isra Mi raj melalui Pelepasan balon ke udara, Sambutan Ketua Pelaksana, Sambutan Ketua DEMA FISIP UIN Raden Fatah Palembang, Penampilan Nasyid, Hadroh, ceramah agama, Musikalisasi Puisi, Grup Biola penutup (doa).

            Dalam sambutannya Dekan FISIP menyampaikan bahwa beliau sangat mengapresiasi acara yang telah diselenggarakan oleh DEMA FISIP, ini merupakan kegiatan pertama yang diadakan oleh DEMA FISIP. Beliau sangat bangga atas bakat-bakat dan prestasi yang diraih, baru-baru ini salah satu mahasiswa FISIP yang diutus dalam Pionir VII mendapatkan medali perunggu (Juara Harapan 1 Hifzil Quran 5 Juz), dan mahasiswa yang membaca ayat suci al-Quran pada Isra Mi’raj ini merupakan juga peserta utusan Pionir yang mana pernah mendapat juara 1  tingkat UIN Raden Fatah Palembang dalam Porseni UIN Raden Fatah Palembang dan sekaligus salah satu mahasiswa berprestasi FISIP UIN Raden Fatah Palembang. Setelah beliau menyampaikan sambutannya sekaligus peresmian untuk membuka acara Isra Mi raj ini dengan Pelepasan Balon ke Udara.

Melalui DEMA FISIP ini juga banyak yang ditampilkan seperti Hadroh, musikalisasi puisi, grup Biola, Nasyid, dan lain-lain. Bakat-bakat yang ditampilkan tersebut dalam acara Isra Mi raj adalah yang dibentuk oleh para mahasiswa FISIP UIN Raden Fatah dan DEMA FISIP, bisa dikatakan grup-grup tersebut baru terbentuk namun dapat menyukseskan acara Isra’Mi’raj Ini.

            Kemudian ceramah yang disampaikan oleh Ust. Husni Tamrin, dalam ceramahnya beliau menyampaikan tentang kriteria Pemimpin/imam yakni, 1. Adil, adil disini seorang pemimpin itu harus berlaku adil terhadap bawahan atau makmumnya. Contoh: Imam di masjid, seorang imam haruslah adil dengan makmumnya seperti dalam hal pelaksanaan sholat berjamaah dan sendiri. 2. Arif/bijaksana, misalnya dalam menjadi imam sholat, bacaan harus fasih, baligh, berakal, 3. Alim, seorang imam/pemimpin haruslah berilmu, dalam al-quran surah al baqarah ayat 247 dijelaskan bahwa yang berhak menjadi seorang pemimpin itu adalah orang yang paling tinggi ilmunya. Beliau mengharapkan mahasiswa FISIP bila kelak menjadi seorang pemimpin haruslah sesuai kriteria di atas, melalui kuliah, organisasi, dan dimanapun ia berkecimpung, tidak harus menunggu menjadi pemimpin namun disaat menjadi mahasiswa pun mampu meningkatkan prestasi seperti giat belajar, bergabung dengan organisasi seperti yang telah ditampilkan oleh mahasiswa-mahasiswa FISIP. Semoga dengan adanya penampilan tersebut dapat memacu minat mahasiswa lainnya untuk menunjukkan bakat-bakat mereka, tidak hanya bidang formal namun juga non formal dan semoga dapat memajukan nama fisip lebih unggul lagi.

           

 

 



Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)